Sewa Hiace Bandung
08211 8888 804

Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Posted by

Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi - Curug Tengah adalah air terjun urutan kedua dari aliran Sungai Ciletuh setelah Curug Awang yang berada di kawasan  Ciletuh Geopark. Curug Tengah ini sedikit berbeda dengan saudaranya Curug Awang, Curug Tengah ini memiliki keunikan yaitu pemandangan alam sekitarnya yang hijau dan danau yang terbentuk dari tumpahan air terjunnya juga sangat luas. Kamu bisa bermain air atau berenang di danau kecil ini, tapi harus berhati-hati karena ada beberapa titik pada danau ini yang memiliki kedalaman yang sangat dalam. Curug Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 5 m dan lembahnya yang jauh lebih sempit dibandingkan dengan lembah Curug Awang. Batuan yang mendasari air terjun ini juga masih berupa batupasir yang merupakan bagian dari Formasi Jampang.
Bila dilihat dari bentuknya, air terjun ini seolah mirip dengan sebuah “karembong”, yaitu selendang dalam bahasa sunda. Disebut mirip dengan “karembong” adalah karena bentuk dari air terjun ini berukuran kecil dan lancip pada bagian ujung atas air terjun, namun berukuran lebih lebar dan luas ketika airnya semakin jatuh ke ujung danau. Dan hal itu mirip dengan sebuah selendang yang sedang digeraikan.
Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Air Terjun Unik yang Diapit oleh Dua Air Terjun

Curug Tengah ini cukup unik karena letaknya yang berada diantara dua air terjun yang berbeda, namun masih dalam satu aliran sungai yang sama yaitu Sungai Ciletuh. Selain hal tersebut, keunikan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang berada persis di tengah-tengah tebing.  Jadi, nama “Tengah” disematkan pada air terjun ini bukan hanya letaknya yang berada diantara dua air terjun, tapi juga bentuknya yang berada ditengah tebing.
Selain keunikan tersebut, air terjun ini memiliki keunikan lainnya, yaitu memiliki “anak” yang berada di sebelahnya. Pada sisi sebelah kiri dari air terjun ini mengalir air terjun kecil dengan jumlah debit airnya yang tak terlalu besar. Namun kehadiran dari air terjun kecil ini menambah keunikan dari Curug Tengah ini.
Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi
Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi
Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Fasilitas Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Karena Curug Tengah ini masih dalam satu kawasan yang sama dengan Curug Awang, maka fasilitas sarana dan prasarana yang bisa digunakan sama dengan fasilitas yang ada di Curug Awang.
memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet, saung, serta beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Fasilitas yang masih kurang dari tempat ini adalah akses jalannya yang masih sangat buruk, serta musholla yang masih belum tersedia, dan toilet yang ada masih belum maksimal.

Tiket Masuk Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Karena Curug Tengah ini satu lokasi dengan Curug Awang, maka tiket yang harus dikeluarkan sudah termasuk dengan tiket Curug Awang. Jadi dengan membayar satu tiket masuk, pengunjung sudah bisa mengunjungi dan menikmati dari keindahan 2 air terjun ini. Untuk tiket tersebut pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah/orang. Dan biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua sejumlah 3.000 rupiah, serta 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Lokasi / Alamat Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara administratif, Curug Tengah ini berada satu lokasi dengan Curug Awang dan berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Perjalanan yang harus dilalui apabila bertolak dari Kota Jakarta atau Bandung adalah sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan. Bisa dengan menggunakan jasa rental / Sewa mobil Elf Bandung. Tersedia Elf long (19 Seats), Elf Short (10 - 14 Seats) atau Hiace (15 Seats).
Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.
Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu –Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.
Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciletuh Geopark. Karena Curug Tengah ini berada satu lokasi dengan Curug Awang, maka kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju Curug Awang saja. Dan Curug Awang/Curug Tengah ini berada di pinggir jalan sebelah kiri. Saat di pinggir jalan yang tak jauh dari Kantor Sekretariat PAPSI, atau kurang lebih sekitar 1 km terdapat plang penunjuk arah menuju lokasi Curug Awang/Curug Tengah. Dari pertigaan tersebut kembali arahkan kendaraan untuk masuk menuju jalan berbatu dan masih belum beraspal kurang lebih sejauh 1,5 km. Perjalanan menuju Curug Awang akan disuguhi pemandangan dari kebun kelapa sawit. Setelah sampai di tempat parkir yang tak jauh dari pintu masuk Curug Awang/Curug Tengah, perjalanan harus dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter.
Gimana tertarik untuk datang ke Curug Tengah yang berada di kawasan wisata alam Ciletuh Geopark? Jangan lupa ajak partner travelingmu agar perjalanan yang kamu lalui semakin menyenangkan!

Untuk berkunjung ke Curug Tengah Ciletuh Geopark Sukabumi bisa dengan menggunakan jasa sewa / rental mobil bandung. Tersedia Elf, Short, Elf Lonh atau Toyota Hiace. Info lebih lanjut bisa hubungi kami di:


Demo Blog NJW V2 Updated at: Sabtu, Mei 06, 2017

0 komentar:

Posting Komentar